[Jawa][pgallery]

Tiga Kawah Unik Jadi Alasan Mengapa Gunung Tangkuban Perahu Banyak di Gemari Para Wisatawan

 
Yuk Pegi - Kawah Ratu Gunung Tangkuban Perahu
Yuk Pegi - Gunung Tangkuban Perahu adalah salah satu gunung yang terletak di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Sekitar 20 km ke arah utara Kota Bandung, dengan rimbun pohon pinus dan hamparan kebun teh di sekitarnya, Gunung Tangkuban Perahu mempunyai ketinggian setinggi 2.084 meter. Bentuk gunung ini adalah Stratovulcano dengan pusat erupsi yang berpindah dari timur ke barat. Jenis batuan yang dikeluarkan melalui letusan kebanyakan adalah lava dan sulfur, mineral yang dikeluarkan adalah sulfur belerang, mineral yang dikeluarkan saat gunung tidak aktif adalah uap belerang. Daerah Gunung Tangkuban Perahu dikelola oleh Perum Perhutanan. Suhu rata-rata hariannya adalah 17 oC pada siang hari dan 2 oC pada malam hari.

Gunung Tangkuban Perahu merupakan sebuah gunung aktif di Bandung Utara, tepatnya di Cikole, Lembang, atau sekitar 20 km dari pusat kota Bandung. Letusan terakhir gunung ini tercatat pada tahun 2013 namun meski begitu, gunung ini masih relatif aman untuk dikunjungi.

Gunung Tangkuban Perahu memiliki ketinggian 2.084 di atas permukaan laut atau sekitar 6.873 kaki. Suhu di gunung ini adalah 17 derajat Celcius pada siang hari dan dapat mencapai 2 derajat Celcius pada malam hari. Karena suhunya yang dingin, pada saat berkunjung ke tempat wisata ini jangan lupa untuk membawa sweater dan jaket Anda.

Tak seperti gunung berapi lainnya, puncak Gunung Tangkuban Perahu ini berbentuk memanjang dan mirip sebuah perahu yang terbalik. Pada lereng gunung juga terdapat hamparan perkebunan teh yang membuat Anda ingin berlama-lama menikmati keindahannya.

Tempat wisata Gunung Tangkuban Perahu ini juga sering keli dijadikan lokasi pemotretan untuk foto prewedding iklan Produk Komersil dan juga terkadang di gunakan untuk pengambilan gambar untuk produksi film.

Jika anda belum puas menikmati keindahan Gunung Tangkuban Perahu dalam waktu satu hari anda bisa bermalam di sekitar Gunung Tangkuban Perahu, terdapat banyak villa dan hotel yang bisa anda gunakan untuk bermalam mulai harga kelas bintang lima dan harga ekonomis dan bisa dilanjutkan keesokan harinya.

Ada tiga kawah di Gunung Tangkuban Perahu yang sangat indah dan bisa di jadiakan bagraound cantik untuk selfie di antaranya Kawah Ratu, Kawah Upas dan Kawah Domas.

Kawah Ratu
Kawah Ratu merupakan kawah terbesar dari tiga kawah yang ada di Gunung Tangkuban Perahu. Untuk menuju kawah ini, anda bisa mengganakan mobil pribadi atau mobil sewaan di lokasi yang akan mengantarkan anda menuju kawah terluas ini. Jalananan menuju kawah ini tidaklah begitu sulit sehingga banyak wisatawan yang data dengan menggunakan kendaran pribadi.

Kawah Ratu dapat dilihat dari dataran yang lebih tinggi dengan pembatas kayu untuk keselamatan para wisatawan. Pemandangan yang cantik di memanjakan mata di lokasi ini. Tanah di sekitar kawah umumnya berwarna putih dengan kombinasi batu-batu berwarna kekuningan sehingga sangat terlihat indah, selain itu juga anda bisa melihat asap yang mengumpul dari kawah.

Disekitar lokasi ini terdapat banyak toko-toko kecil yang menjual berbagai sovenir seperti topi, syal, sarung tangan, masker dan juga kerajinan tangan yang di buat dari kayu, tak hanya itu ada juga toko atau warung yang menjual Mie Rebus, Pop Mie, Makanan Ringa dan Teh Hangat atau Ketan Bakar yang merupakan makanan khas Lembang.

Kawah Upas
Kawah Upas berada di sebelah Kawah Ratu. Untuk menuju lokasi ini, anda harus melalui jalan terjal dan berpasir. Mungkin hal ini yang membuat para wisatan jumlahnya lebih sedikit di bangdingkan Kawah Ratu.

Kawah Domas
Kawah Domas berada berada di dataran yang lebih rendah dari Kawah Ratu. Tidak seperti di Kawah Ratu yang hanya di perbolehkan melihat dari ketinggian dan dibatasi dengan pagar kayu, di Kawah Domas anda bisa melihat lebih dekat, bahkan anda bisa juga menguji panasnya kawah dengan merebus telor di tempat ini, menari bukan ?

Tak kalah menarik lagi di Daerah Gunung Tangkuban Perahu terdapat banyak Pohon Manarasa yang tumbuh di sekitar lokasi ini, pohon ini mempunyai daun berwarna merah dan jika di makan rasanya mirip dengan daun jambu.

Transportasi
Salah satu hal yang menarik dari Gunung Tangkuban Perahu adalah diperbolehkannya kendaraan masuk dan naik sampai ke kawasan kawahnya dan tersedianya lahan parkir yang cukup luas untuk kendaraan Anda. Hal ini tidak banyak terjadi di gunung-gunung lain di Indonesia yang menjadi tempat wisata.

Jika menggunakan kendaraan pribadi, ada dua rute yang bisa Anda pilih:

Keluar pintu tol Pasteur menuju ke Jalan Dr. Djunjunan – Pasirkaliki – Sukajadi – Setiabudi – Lembang – Gunung Tangkuban Perahu.
Keluar pintu tol Padalarang menuju arah Cimahi – belok kiri ke arah Jalan Kolonel Masturi – sampai pertigaan Jalan Raya Lembang, belok kiri – Gunung Tangkuban Perahu.

Sedangkan jika menggunakan kendaraan umum, berikut rute yang bisa Anda pilih:
Dari Terminal Leuwi Panjang (Bandung) – naik bus jurusan Bandung-Indramayu – turun di pertigaan gerbang Gunung Tangkuban Perahu.
Dari Stasiun Hall (Bandung) – naik angkot jurusan Stasiun Hall-Lembang – turun di perempatan (Lembang – Maribaya – Tangkuban Perahu) – naik angkot jurusan Lembang-Cikole – turun di pinggir kawah Gunung Tangkuban Perahu.

Harga tiket masuk
Untuk dapat memasuki kawasan wisata alam ini, Anda harus membayar tiket masuk.
Wisatawan domestik:
Tiket masuk: Rp 13.000
Parkir motor: Rp 5.000
Parkir mobil: Rp 10.000
Parkir bus: Rp 20.000

Wisatawan asing:
Tiket masuk: Rp 50.000
Parkir motor: Rp 7.000
Parkir mobil: Rp 15.000
Parkir bus: Rp 25.000


Yuk Pegi - Kawah Upas Gunung Tangkuban Perahu

Yuk Pegi - Kawah Domas Gunung Tangkuban Perahu

Yuk Pegi - Gunung Tangkuban Perahu Jika di lihat dari jauh seperti perahu

Murah kan ? ayo ajak jalan temen kalian berwisata ke Gunung Tangkuban perahu.
Previous
Next Post »