[Jawa][pgallery]

Klenteng Tertua di Indonesia Hong Tiek Hian, Surabaya, Wisata Religi yg Wajib Anda Kunjungi

Klenteng Hong Tiek Hian, Surabaya

Kelenteng Hong Tiek Hian yang juga dikenal dengan nama Kelenteng Jalan Dukuh, sempat terlewati sehingga mobil parkir agak jauh dari kelenteng, dan kami berjalan kaki menuju kelenteng. Kelenteng Hong Tiek Hian praktis tidak memiliki halaman, terdiri dari dua bangunan berdekatan yang dipisahkan oleh sebuah gang.

Klenteng Hong Tiek Hian terletak di Jalan Dukuh, Surabaya Utara. Lokasi klenteng ini tidak jauh ke arah timur dari kawasan legendaris di Surabaya yakni Jembatan Merah. Letaknya yang berada di Jalan Dukuh membuat masyarakat sekitar mengenal klenteng ini dengan sebutan Klenteng Dukuh.

Begitu tiba di Klenteng Hong Tiek Hian, kita akan melihat dua buah bangunan utama yang terpisah oleh seruas gang. Kedua bangunan tersebut di jembatani oleh sebuah jembatan yang dijaga 2 ekor naga. Di lantai 1 bangunan terdapat Altar Macko dan Kong Co. Sementara, di lantai 2 terdapat Altar untuk Buddha, Dewi Kwan Im dan beberapa dewi-dewi lainnya.

Jika Anda datang ke kawasan Pecinan Surabaya, kelenteng ini tak boleh dilewatkan masuk ke dalam daftar tempat yang harus dikunjungi. Ya, kelenteng Hong Tiek Hian menjadi “menu” wajib tempat wisata Anda di kawasan Pecinan Surabaya. Sebab mengapa? Pertama, inilah kelenteng tertua di Surabaya. Hong Tiek Hian sudah dibangun sejak sekitar abad ke-13. Alkisah di waktu itu, tentara Tartar yang berada dalam kepemimpinan Kubilai Khan, melakukan perjalanan ke Nusantara. Mereka tiba di tempat ini dan dibangunlah kelenteng Hong Tiek Hian ini. Sebagai arsiteknya, konon sang Kaisar Kubilai Khan sendiri.

Alasan kedua, rugi rasanya kalau di seumur hidup Anda belum pernah melihat pertunjukan wayang Potehi yang begitu terkenal itu. Di kelenteng Hong Tiek Hian ini, wayang potehi kerap dipertontonkan.
Alasan lain, bagi penganut Khonghucu, Budha, atau Tao, tentu tak perlu alasan lebih banyak untuk datang dan bersembahyang. Berdoa pada-Nya dan memanjatkan syukur atas semua nikmat merupakan sebuah kewajiban. Sementara, bagi Anda yang beragama lain, keindahan bangunan kelenteng ini adalah sisi yang tak boleh terlewatkan.

Tempat Religius ini dikunjungi oleh banyak orang setiap harinya. Selain sebagai tempat ibadah, di tempat ini juga sering diselenggarakan acara-acara tradisional Cina seperti pertunjukkan wayang Pho Tee Hi atau perayaan hari-hari besar Cina seperti Imlek.

Klenteng ini bertempat di Jalan Dukuh No 231 Surabaya, kelenteng ini menjadi landmark kawasan Pecinan Surabaya. Lokasinya tak jauh dari Jembatan Merah yang bersejarah itu. Dari Jembatan Merah, kelenteng ini berada di sebelah timurnya. Untuk menemukannya, terbilang tak susah. Mengingat tempatnya yang berada di tepi jalan raya.
Klenteng Hong Tiek Hian, Surabaya

Klenteng Hong Tiek Hian, Surabaya

Klenteng Hong Tiek Hian, Surabaya

Previous
Next Post »