[Jawa][pgallery]

Surga Temsembunyi, Pantai Ora Maluku Tengah

Pantai Ora, Maluku Tengah
Pantai Ora terletak di Desa Saleman, Kecamatan Seram Utara, Maluku Tengah.

Pantai Ora menawarkan fasilitas penginapan yang unik, yaitu penginapan berbentuk pondok yang mengambang diatas Pantai. Di sana tidak terdapat warung makan, karena yang ada hanya fasilitas dari Ora Beach Resort. disarankan untuk membawa makanan mereka sendiri atau makanan ringan. Di Pulau Seram tidak tersedia tempat perlengkapan menyelam di Pulau Seram, baiknya disarankan untuk membawa perlengkapan sendiri, atau menyewa dari Ambon sebelum memulai perjalanan ke Pulau Seram.

Pantai Ora memilik air lautnya yang berwarna biru ditambah dengan kecantikan pasir putihnya sehingga pemandangan dasar laut menjadi sangat indah. Dan menyelam menjadi salah satu kegiatan yang wajib dilakukan di sini karena keindahan terumbu karang dan ikan yang berwarna-warni seakan menyambut kehadiran para pendatang.

Di Pantai Ora berbagai kegiatan wisata yang dapat penelusur lakukan adalah berenang, snorkeling, diving, bermain pasir, bersantai di pinggir pantai, berjemur, jalan-jalan di sekitaran pantai, dan juga menikmati indahnya pemandangan pantai ora. Saat berlibur ke sini para penelusur jangan lupa bawa kamera untuk mengabadikan betapa keindahan tempat wisata yang satu ini.

Salah satu keunikan yang ditawarkan oleh Pantai Ora ini adalah tempat penginapannya yang berbentuk rumah panggung di atas laut. Dan Ora Beach Resort adalah satu-satunya resort yang ada di sini. Bahkan hanya tersedia tujuh buah kamar laut, sebuah rumah laut yang seluruhnya berada di atas air, empat kamar pantai, kamar, dan sebuah restoran.

Di Pantai Ora sendiri tidak terdapat warung-warung makan, karena yang ada hanyalah fasilitas dari Ora Beach Resort. Sehingga lebih baik para penelusur membawa perbekalan yang mencukupi selama berada di Pantai Ora.

Jika para penelusur ingin ke Pantai Ora maka yang pertama harus menuju ke Bandara Patimura Ambon. Dari bandara para penelusur menuju ke Pelabuhan Tulehu menggunakan angkutan umum. Dari sana para penelusur bisa menggunakan kapal cepat menuju Pelabuhan Amahai (Masohi) dengan tari kapal dengan ongkos Rp150.000,- untuk VIP dan Rp. 92.000,- untuk ekonomi. Waktu yang dibutuhkan untuk mencapai Pelabuhan Amahai dari Pelabuhan Tulehu sekira 2 jam. Setibanya di Pelabuhan Amahai, kemudian perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan angkutan umum selama kurang lebih 2 jam perjalanan untuk menuju Desa Sawai di Kabupaten Maluku Tengah. Kemudian untuk menuju Pantai Ora dari Desa Sawai, para penelusur hanya perlu menyeberang dengan kapal motor selama 10 menit saja.

Namun jika para penelusur tidak ingin ribet, maka bisa menyewa mobil di Bandara Pattimura Ambon untuk minta diantarkan ke Desa Sawai. Harga sewa mobilnya tergantung negoisasi antara para penelusur dengan sang pemilik. Waktu perjalanannya sendiri membutuhkan waktu yang cukup lama yaitu sekitar sehari semalam.

Untuk masalah penginapan, Di Pantai Ora ditawarkan beragam harga. Tentunya harga harga tersebut tergantung dari letak serta fasilitas yang didapatkan. Penginapan per malam mulai dari Rp 400 ribu untuk tipe rumah darat, Rp 450 ribu bertipe panggung dan Rp 750 ribu yang terapung. Harga – harga tersebut tidak dihitung per kamar namun dihitung per orang. Dan biaya-biaya tersebut bukanlah harga pasti, karena harga dapat berubah-ubah tergantung musim. Jadi buat para penelusur yang ingin ke Pantai Ora di hitung dengan tepat yah budgetnya supaya liburannya tetap menyenangkan. Happy Holiday.
Sumber : kakaban.co.id
Sumber : www.bacadulu.net
Sumber : exploringnation.com

(Berbagai Sumber)

Previous
Next Post »