[Jawa][pgallery]

5 Alasan Anda Wajib Pergi Ke Tomini Bay Sulawesi

Sumber : www.wisataku.id

Teluk Tomini adalah teluk terbesar di Indonesia dengan luas kurang lebih 6 juta hektar dengan potensi sumberdaya alam yang kaya dan unik,Terdapat banyak pulau pulau yang indah di teluk tomini,terdapat sekitar 90 pulau diteluk ini, sebagian pulau berada di provinsi Gorontalo, sebagiannya di provinsi Sulawesi tengah dan sebagiannya diprovinsi Sulawesi utara-minahasa teluk buyat. Ditengah teluk tomini terdapat 56 pulau dan 1 buah gunung api yang masih aktif, kepulauan togean atau togian islands adalah kepulauan yang terdapat diteluk tomini sedangkan gunung colo di pulau una una adalah gunung api ditengah teluk ini.

Teluk ini bersinggungan berbatasan dengan tiga wilayah provinsi di Pulau Sulawesi, yaitu Propinsi Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara dan Gorontalo. Bappeda Sulteng mencatat bahwa teluk ini memiliki luas perairan kira-kira 59.500 Km2. Perairan Teluk Tomini di Provinsi Sulawesi  Tengah mempunyai panjang  garis pantai sekitar 1.179 km, sedangkan Provinsi Sulawesi Utara sepanjang 784,94 km; dan Provinsi Gorontalo sepanjang 436,52 km. Teluk yang dilewati garis khatulistiwa ini berada pada posisi yang strategis sebagai jantung segitiga terumbu karang dunia.

Sebagai jantung segitiga terumbu karang dunia (heart of coral triangle), Teluk Tomini bukan semata merupakan asset dari warga yang ada di Propinsi Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara dan Gorontalo, namun juga asset nasional bahkan dunia. Keberadaan terumbu karang dan hutan bakau yang terjaga; serta ekosistem daerah aliran sungai yang bermuara ke teluk terpelihara dengan baik, akan dapat membuat ikan dan biota laut lainnya berkembang, sehingga menjadi potensi yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar Teluk Tomini secara berkelanjutan

Bulan juli Tahun 2014 Pemerintah Republik Indonesia telah menetapkan akan mengadakan event Sail Tomini,sebuah event internasional, sulteng menjadi tuan rumah dari event ini dengan melibatkan stake holder dari provinsi Gorontalo,Sulawesi utara dan Sulawesi tengah serta dari organisasi internasional.

Teluk Tomini adalah salah satu tempat yang sempurna dan Complete untuk wisata bahari.semua hal bisa terwakili di teluk ini, ada pulau yang indah,taman laut dan spesies ikan yang melimpah. Teluk Tomini merupakan surga bagi para penyelam dari mancanegara dan lokal, karena posisi geografisnya yang dilintasi garis khatulistiwa. Terdapat sekitar 210 an titik diving di teluk ini,30 dive site berada di Gorontalo,25 di Togian islands,25 di Buyat Minahasa,sadangkan spot diving yang lainnya belum di explore dan mungkin akan bertambah seiring dengan banyaknya operator diving yang saat ini telah membuka diving center di seputaran teluk tomini.

Berikut beberapa tempat menarik untuk para wisatawan :

1. Taman Laut Olele
Olele Beach, Gorontalo

Taman laut Olele terletak di Desa Olele, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo, letaknya pun tidak jauh dari pusat kota Gorontalo. Hanya berjarak sekitar 20 km dari pusat Kota Gorontalo, perjalanan dapat memakan waktu sekitar 30 menit menuju taman laut tersebut.

Dari pantainya, sudah terbentang lautan Teluk Tomini yang biru nan luas. Di bawah lautnya, terdapat terumbu karang berwarna-warni, spesies ikan, bermacam-macam ukuran yang cantik, dan juga perairan yang jernih. Sekali menyelam, Anda akan ketagihan!

Jika tidak bisa menyelam, cukup menyewa perahu dan melihat ikan serta terumbu karang dari dasar perahu yang berlapis kaca.

Jika anda menyelam atau snorkeling,anda akan melihat pemandangan taman bawah laut yang menurut para penyelam mempunyai kekhasan tersendiri, yaitu lebih alami dibandingkan dengan taman laut di daerah lain lain yang telah dikenal, dan biota laut yang terdapat di sana tidak di jumpai di perairan lain. Salvador dali adalah bunga karang raksasa yang endemic ,dan karang jenis ini hanya terdapat di perairan Gorontalo-teluk tomini.terdapat juga banyak sponge disini,sedangkan dari spesies ikan anda bisa menjumpai napoleon wrasse/mameng,parot fish,schooling jack,penyu,manta,whale shark,hiu martil,hiu putih,mola mola,scorpion fish,octopus,cumi batu,muck,paus,lumba lumba dan beberapa spesies yang belum teridentifikasi.setiap tahun diadakan event underwater fotografi di taman laut Olele. Total dive spot di Gorontalo berjumlah sekitar 30 dive site dengan 2 buah wreck dive (Japanese cargo wreck,peninggalan perang dunia ke 2)

2. Taman Laut Bitila
Pulau Bitila adalah salah satu pulau yang terdapat di teluk tomini, pulau bitila terdapat di kabupaten Pohuwatu,Provinsi Gorontalo, tepatnya di desa kramat. pulau ini memiliki pasir putih yang sangat halus, air yang sangat jernih, hutan kecil ditengah pulaunya, terumbu karang yang bagus, ikan ikan yang banyak, terdapat banyak soft coral jika anda menyelam atau snorkeling, tidak ada penduduk di pulau ini, terdapat juga sumber air tawar di pulau ini.

3. Taman laut Buyat
Taman laut Buyat terletak di Teluk Tomini bagian luar ,tepatnya di kabupaten Minahasa tenggara-sulawesi utara.di buyat terdapat 25 dive spot,anda bisa melihat banyak ikan dan keindahan terumbu karang terumbu karang di Buyat. terdapat juga beberapa pulau tak berpenghuni di Buyat,7 tahun lalu PT Newmont pernah melakukan pencemaran hasil limbah explorasi pertambangan di teluk kecil ini.namun saat ini kondisi di Buyat telah pulih kembali.perjalanan ke teluk buyat bisa ditempuh daro kota Gorontalo.2 jam dengan speedboat, 5 jam dengan mobil.

4. Taman Laut Limba
Taman laut pulau limba terdapat di kabupaten Boalemo Provinsi Gorontalo, di taman laut ini banyak terdapat ikan ikan,dan terumbu karang,tidak ada penduduk di pulau ini.

5. Kepulauan Togean
kepulauan togian berada di tengah teluk Tomini,di apit oleh Provinsi Gorontalo di bagian utara dan provinsi Sulawesi tengah di bagian selatan. Terdapat 59 pulau di daerah ini,dan 1 buah Gunung api aktif (Gunung colo di pulau una una). Terdapat 25 dive spot di kepulauan ini,dengan 1 buah wreck dive (aircraft Bomber B24,peninggalan perang dunia ke-2) Terdapat banyak pantai dan pulau yang berpasir putih di kepulauan togian. Turis mancanegara menjadikan Togian islands sebagai tempat favorit, saat ini di Togian islands telah berdiri banyak resort dan diving center,investornya kebanyakan dari turis mancanegara.terdapat juga banyak pohon kelapa,hutan mangrove dan cengkeh di kepulauan ini.

Cara termudah untuk menuju ke kepulauan togian adalah melewati Kota Gorontalo,sebab banyak penerbangan dari Jakarta ke bandara Gorontalo, dari kota Gorontalo anda tinggal menyebrang dengan kapal laut atau speedboat ke kepulauan togian.cara kedua adalah lewat Sulawesi tengah,namun anda harus melalui jalan darat dari Palu kemudian menyebrang dengan kapal laut ke kepulauan Togian. Para wisatawan mancanegara lebih memilih lewat Gorontalo,sebab akses nya lebih mudah serta harganya lebih murah.
Previous
Next Post »