[Jawa][pgallery]

Alun-alun Terbaik se-Jawa Timur, Alun-alun Jember

Alun-alun jember

Setiap kot baik di Indonesia ataupun dimanapun di seluruh dunia pastilah mempunyai tempat yang bernama Alun-Alun atau kalau mau kerennya disebut City Square. Alun-alun ini biasanya adalah merupakan pusatnya kota tersebut. Alun-alun biasanya berupa tanah luas yg di sekelilingnya berada gedung pusat pemerintahan, pusat ibadah atau pusat bisnis.

Jember, tempat dimana saya tinggal selama 1 tahun terakhir ini, juga punya alun-alun, dan bisa saya bilang ini adalah tempat paling favorite saya di kota ini, bahkan terbaik bila dibandingkan dengan alun-alun kota lainnya khususnya di provinsi Jawa Timur. Nop .. saya bukan lagi membual bro. saya udah pernah singgah di beberapa kota lainnya di Jawa Timur dan saya bisa bandingin alun-alun Jember memang beda.

Beda dengan Alun-alun di kota lainnya di Jawa Timur sepengamatan saya kadang dibuat ngejelimet, dibuat pagar sekelilingnya, ditanamin banyak pohon, dibuat kolam ikan, air mancur, banyak pedagang kaki lima, kotor …. ahhh ngebayanginnya aja bikin pusing.

Alun-alun Jember sendiri bisa dibilang sangat sederhana bila dilihat dari tata letaknya, tapi justru karena sederhana itu yg bikin alun-alun Jember ini jadi juara. Alun-alun Jember bentuknya Lapangan rumput luas sekitar kurang lebih 1 (satu) hektar TANPA PAGAR !!! dan disekeliling lapangan tersebut dibuat semacam trotoar selebar 5-6 meter yang dapat digunakan sebagai tempat untuk jogging.

Rek Wisata

Di alun-alun Jember ini juga ada 2 lapangan basket dan lapangan Bola Volley. Tempatnya bersih dan bebas dari pedagang Kaki Lima. Inilah yang bikin tempat ini jadi super nyaman. Warga kota bisa melakukan kegiatan di tempat ini dengan nyaman, yang mau jogging bisa, yang mau main basket atau volley bisa, yang mau senam massal bisa atau mau sekedar jalan-jalan santai dengan keluarga bisa banget. Pokoknya Nyaman. Memang kadang ada pertunjukan panggung musik atau pameran di tempat ini, tapi biasanya tidak sampai terlalu mengganggu warga yang mau jogging atau olahraga. Asyiik banget.

Konon dahulu alun-alun Jember juga seperti itu bahkan pernah ada lapangan sepakbola di alun-alun itu, sebelum akhirnya berubah menjadi nyaman seperti sekarang.

Jadi kalau ada warga kota yang mau punya tempat yang nyaman untuk bersosialisasi, bisa coba usulkan ke pemda setempat untuk contoh alun-alun kota Jember ya
Previous
Next Post »