[Jawa][pgallery]

Pantai Mirana, Wisata Pantai Populer Hasil Reklamasi di Semarang

Sunset Pantai Mirana Semarang
Pantai Marina adalah salah satu objek wisata pantai yang berada di kota Semarang, Jawa Tengah. Pantai ini menyimpan pemandangan eksotis khas kota Semarang. Dahulu, tempat ini merupakan hutan bakau dan tambak, tapi pemerintah setempat mengubahnya menjadi tempat rekreasi dengan cara reklamasi daratan. Hasil reklamasi dari hutan bakau ini, sekarang berupa perumahan, pertokoan, dan perkantoran, di sebelah selatan pantai. Di bibir pantai warna airnya terlihat agak gelap kecoklatan, sedangkan agak ke tengah relatif lebih jernih berwarna agak kehijauan.

Sebenarnya kualitas air lautnya tidak cukup ideal sebagai tempat wisata, karena dekat dengan muara sungai Banjir Kanal Barat yang membelah kota Semarang dari arah hulu. Namun tetap populer di mata masyarakat Semarang karena lokasinya bisa dikatakan terbaik dan terdekat.

Keunggulan utama Pantai Marina adalah lokasinya yang sangat dekat dari pusat kota Semarang. Dari Simpang Lima hanya berjarak sekitar 7 km ke arah barat laut. Akses jalannya juga lebar dan mulus, sehingga sangat mudah dijangkau, baik dengan sepeda motor maupun mobil.Pantai Marina dibuka untuk umum 24 jam. Tiket masuknya murah meriah, hanya Rp 4.000,- per orang (2015). Parkir motor dan mobil gratis.

Pantai Marina berada di wilayah Semarang Utara, di sebelah barat Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Sangat dekat dengan Bandara Ahmad Yani Semarang. Saat pesawat terbang sedang take-of atau landing terlihat dari pantai ini. Menjadi salah satu pemandangan yang asyik disaksikan para pengunjung.

Suasana Pantai Marina memang cukup nyaman. Di sepanjang pantai tumbuh pepohonan rindang yang membuat pengunjung tidak kepanasan. Di sepanjang bibir pantai terdapat selasar dari paving blok yang cukup nyaman pula untuk aktifitas berolah raga. Baik pada waktu pagi, maupun sore hari. Dari selasar yang menghadap ke arah barat ini juga asyik untuk menikmati keindahan matahari terbenam di sore hari.

Setiap hari minggu dan hari libur nasional, selalu dipadati pengunjung. Baik dari warga kota Semarang sendiri maupun wisatawan dari sekitar wilayah kota Semarang. Sejak jam 5:00 pagi mulai banyak pengunjung berdatangan. Banyak pengunjung keluarga yang datang beserta anak-anak yang masih kecil. Mereka menggelar tikar di sepanjang pantai dan memandikan anak-anak dengan air laut. Konon mandi di pantai dan menghirup udara pantai merupakan aktifitas yang sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Di Marina kita bisa naik perahu keliling pantai. Tarifnya murah meriah. Per orang hanya membayar Rp 5.000,- saja. Ombak pantai Marina relatif tidak besar, menjadikan rekreasi naik perahu ini aktifitas murah meriah yang mengasyikkan. Relatif aman pula bagi anak-anak.

Perahu terus melaju ke arah timur mendekati pelabuhan Tanjung Emas. Namun memang tidak sampai ke wilayah pelabuhan berskala Internasional itu. Karena akan segera berputas balik menuju ke dermaga pantai Marina kembali.
Pantai Mirana Semarang

Pantai Mirana Semarang

Perahu yang bisa diisi lebih dari 50 orang ini start dari dermaga kayu yang ada di pantai Marina. Lamanya waktu keliling pantai sekitar 30 menit. kita akan diajak menikmati pemendangan garis pantai dari sisi laut. Menyusuri tepian pantai untuk melihat aktifitas para nelayan memancing ikan dan mengelola keramba terbuat dari bambu yang banyak terdapat di sana.

Selain bisa berkeliling Pantai Marina juga menjadi tempat pavorit para pemancing ikan, Lokasinya berada di sisi utara garis pantai. Bagian bibir pantai yang banyak terdapat tumpukan batu-batu besar untuk membentengi pantai dari abrasi yang diakibatkan gempuran ombak laut.

Bagaimana para wisatawan tertarik untuk ke Pantai Mirana ?
Ayo ajak teman, pacar, saudara atau siapalah itu ke Pantai Mirana Semarang, tapi yang menjadi catatan penting Pantai Mirana tidak terlalu indah di bandingin pantai Jogja dan Jepara, tapi wisata ini populer di Semarang.

Previous
Next Post »